Debat Akhir Pilkada DKI, ini Paslon yang Unggul di Medsos

Jumat, 10 Februari 2017 | 22:00 WIB | Penulis: Wendiyanto Saputro
Tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (kiri)-Sylviana Murni (kedua kiri), Basuki Tjahaja Purnama (ketiga kiri)-Djarot Saiful Hidayat (ketiga kanan), Anies Baswedan (kedua kanan)-Sandiaga Uno (kanan) mengikuti Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta kedua di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (27/1). (foto/antara/Hafidz Mubarak)

Arah -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat terakhir bagi kandidat calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, Jumat (10/2). Topik debat kali ini soal kependudukan dan peningkatan kualitas masyarakat.

Seperti debat terdahulu, kali ini pun program debat terbagi ke dalam beberapa segmen. Lembaga pemantauan percakapan media sosial Politicawave merilis data soal banyaknya komentar bagi masing-masing pasangan calon, di setiap segmen. Demikian juga dengan nada (tone) isi percakapannya bagi masing-masing pasangan calon, apakah positif atau negatif.

Baca Juga: Ini Dia Sopir Truk Wanita yang Cantiknya Ngalahin Supermodel
Ini Penjelasan Wiranto Usai Bertemu GNPF-MUI

Hasil pemantauan ini dicuitkan di akun twitter-nya @PoliticaWave. Hingga debat berjalan tiga segmen, pasangan Ahok-Djarot terus unggul dalam hal jumlah cuitan di media sosial. Di setiap segmen, cuitan untuk Ahok masing-masing sebanyak 45,8 persen (segmen 1), 45,65 persen (segmen 2), dan 50,91 persen (segmen 3).

Sementara itu jumlah cuitan untuk Anies-Sandi ada di posisi kedua, sedangkan untuk Agus-Sylvi di posisi paling buncit.

Meski Ahok-Djarot unggul dalam jumlah cuitan di medsos sepanjang berlangsungnya debat, namun Agus-Sylvi unggul dalam hal nada (tone) cuitan yang positif di tiga segmen tersebut. Sedangkan Ahok-Djarot ada di posisi buncit.

Di segmen 1 debat, dari total cuitan untuk Agus-sylvi yang nadanya positif mencapai 76 persen, Ahok-Djarot 53 persen, dan Anies-Sandi 74 persen.

Sementara itu di segmen 2 debat, dari total cuitan untuk Agus-sylvi yang nadanya positif mencapai 84 persen, Ahok-Djarot 65 persen, dan Anies-Sandi 56 persen.

Sedangkan di segmen 3 debat, dari total cuitan untuk Agus-sylvi yang nadanya positif mencapai 74 persen, Ahok-Djarot 55 persen, dan Anies-Sandi 72 persen.

Terkait:Anies-Sandi ‘Tarung’ Debat, Pendukungnya Asyik Joget Oplosan
Soal Lawan Narkoba,Ini Cara Ahok-Djarot 'Bersihkan' Jakarta
Soal Dana Kampanye, Timses Paslon Pilgub DKI Saling Sindir
Hadir di Debat Final, Hendropriyono Mantap Dukung Ahok-Djarot
Ini Pesan SBY Kepada Agus di Debat Pamungkas Pilkada DKI Jakarta
Janji Manis Djarot di Kampung Ambon
Keren, Ini Klub Bola yang Punya Stadion Ramah Lingkungan
FOTO: Jalan Hidup Agus dari Keluarga, Tentara, dan Pilkada
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar

#Jakarta #pilkada dki #pilkada serentak #Pilkada Serentak 2017 #Pilgub DKI Jakarta #Ahok-Djarot #Anies-Sandiaga #Pasangan Agus-Sylvi #debat pilkada #Quick Count #Hasil Quick Count #Hasil Quick Count DKI

Komentar