Hasil Survey: Ternyata Pendukung Ahok Paling Loyal

Kamis, 19 Januari 2017 | 19:00 WIB | Penulis: Yudha Setiawan
Dok. Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kiri) didampingi Djarot Saiful Hidayat (kanan) menyampaikan visi dan misinya saat Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (13/1). . (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Arah -  Sebanyak 57 persen masyarakat yakin tidak akan mengubah pilihannya pada pasangan calon gubernur yang mereka dukung pada Pilkada DKI 2017. Sementara sebanyak 27 persen masyarakat DKI masih mungkin mengubah pilihannya atau swing voters.

Hal itu dijabarkan dalam hasil survei yang dilakukan oleh Poltracking Indonesia pada Kamis (19/1/2017) di Hotel Oria, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan kemantapan mendukung pasangan calon gubernur ditunjukan oleh pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat diikuti oleh Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno.

"Pendukung Ahok-Djarot sebesar 77,18 persen yakin tidak akan mengubah pilihannya. Begitu juga pendukung Anies-Sandi yang mantap mendukung sebesar 71,57 persen," uajr Hanta.

Sementara kemantapan pendukung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni hanya sebesar 64,81 persen.

Kemantapan para pendukung pasangan calon didasarkan pada Visi, Misi, dan program kerja diikuti oleh bagaimana kinerja seorang calon tersebut.

Baca juga:

Persib Akan Jalani Latih Tanding di Tasikmalaya

Tiga Guru Mengaji ini Berangkat Haji Gratis!

Kejar Pembayaran, Ditjen Pajak Akan Panggil Google

Faktor lain, kata Hanta yang membuat pendukung mantap mendukung pilihannya yakni personalitas dan karakter calon, kemampuan memimpin, dan prestasi.

Hanta juga menjelaskan adanya faktor bagi para pendukung pasangan calon mengubah pilihan mereka.

"Visi, misi, program kerja, juga pengaruh berita dari media massa dan lingkungan turut mempengaruhi seseorang mengubah pilihannya," jelas Hanta.

Survei yang oleh Poltracking Indonesia ini dilakukan terhadap 800 responden dengan margin of error 3,46 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Metode survei dilakukan dengan cara tatap muka menggunakan kuesioner. Sementara quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara acak sebesar 30 persen.(Shemi)

Tetap pantau berita politik terkini, hanya di arah.com

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait:Ini Wilayah Kekuasaan Para Cagub Jakarta
Ini Nomor Harapan Ahok Saat Pengundian Nomor Urut Cagub
Kurang Koordinasi, Ahok Semprot Panitia Acara Bedah Bukunya
Lagi Hamil, Andien Ngidam Ingin Ngobrol dengan Ahok
Partai Lain Masih Berkesempatan Gabung Koalisi Ahok-Djarot
FOTO: Dukungan Hanura untuk Ahok
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah

Tags : #Jakarta #pilkada serentak #Pilkada Serentak 2017 #Basuki Tjahaja Purnama #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Ahok-Djarot #Survei Pilkada

Komentar