Demi Keselamatan, Anies akan Bangun Kampung Deret di Jakut

Jumat, 18 November 2016 | 21:26 WIB | Penulis: Muhammad Chandrataruna
Cagub Anies Baswedan menggelar blusukan di Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Selasa, (8/11/2016). (arah.com/Restu)

Arah -  Calon gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berencana untuk membangun kampung deret pada warga Pademangan Timur, yang lokasi pemukimannya di bantaran rel kereta api.

Menurut Anies, penerapan konsep kampung deret ini demi keselamatan para penduduk yang bermukim serta beraktivitas di sekitar rel kereta api.

Baca juga:

Ini Cara 'Jomblo' Dukung Anies-Sandi

Ini Joged Anies Saat Kampanye di Pademangan

"Sangat mungkin. Karena keselamatan itu nomor satu. Selama soal keselamatan itu terjamin, maka ya nggak ada masalah. Tapi kalau ada resiko, jangan mengambil itu," ujar Anies Baswedan di RT 09 / RW 04, Jalan Kampung Muka, Pademangan Timur, Jakata Utara, Jumat, (18/11/2016).

"Jadi justru kalau bisa kita tata dengan tetap memastikan wilayah sekitar aliran sungai dan jalur transportasi kereta api itu jalur yang aman."

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu melihat persoalan utama yang harus diselesaikan oleh pemerintah daerah adalah kemiskinan, yang menurutnya bisa diatasi dengan pendidikan merata kepada warga DKI dalam jangka panjang.

"Problem kemiskinan harus diselesaikan lewat pedidikan, lewat kemandirian hidup. Begitu mereka bisa terdidik punya pekerjaan yang baik dengan sendirinya mereka akan terangsang untuk memiliki tenpat baru, itu yang menurut saya akan kita lakukan dalam jangka panjang," papar Anies.

Karena itu, mengapa KJP plus penting adalah supaya kemiskinan yang ada di daerah-daerah ini tidak turun-temurun dua generasi. Mereka bisa sekolah, dengan begitu mereka bisa mendapatkan pendidikan yang bermutu. Itu solusinya untuk jangka panjang," imbuhnya.

Namun, Anies percaya diri salah satu programnya untuk membuka dua ratus ribu lapangan pekerjaan bisa menyelesaikan persoalan kemiskinan warga Jakarta.

"Ya, tentu pekerjaan dan juga lapangan kerja," tutupnya. (Restu)

Berita Terkait:
Anak-anak Ikut Blusukan, Anies: Nggak Bisa Pisah sama Ibunya
Anies-Sandiaga Pilih Kendaraan Klasik Untuk Pawai Kampanye Damai
Sebelum Kampanye, Anies Baswedan Ziarah ke Makam Jendral Sudirman
Ini Joged Anies Saat Kampanye di Pademangan
Anies Baswedan Targetkan Relawan Bisa Sedot 7 Juta Pemilih
FOTO: Dukungan Hanura untuk Ahok

Komentar