Jika Terpilih, Anies Janjikan Sertifikasi Sopir

Rabu, 1 Februari 2017 | 11:50 WIB | Penulis: Nani Suherni
Dok. Calon Gubernur DKI Jakata, Anies Baswedan ketika melakukan kampaye di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (28/1). (Foto: Arah.com/ Restu Saputra)

Arah -  Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Rasyid Baswedan berencana melakukan sertifikasi kepada sopir angkutan umum di DKI Jakarta. Hal itu dilakukan Anies untuk memperbaiki sistem transportasi Ibukota belum optimal.

"Saya perlu melindungi pengemudi di Jakarta, perlindungan secara hukum dan sosial. Kemudian perlindungan dari kompetisi pengemudi yang tidak sehat. Sehingga punya program semacam sertifikasi untuk pengemudi di DKI," ujar Anies saat menghadiri acara Diskusi isu transportasi Jakarta di Jalan Wijaya I No. 5c, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (1/2/2017).

Tidak hanya itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu ingin para pengemudi transportasi umum mendapatkan pembinaan dan pelatihan mengemudi yang kompeten sehingga bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

"Ini nanti bisa ada jenjangan level keterampilan dan disitu ketahuan reward yang berbeda juga. Saat ini pengemudi yang baik tidak mendapatkan insetif yangs sepadan," tutur Anies.

Sementara itu salah satu instruktur pengemudi Transjakarta, Daryono, turut hadir dalam acara diskusi tersebut. Menurutnya dengan adanya sertifikasi, maka profesi pengemudi angkutan umum mendapatkan jaminan dari pemerintah serta bisa meningkatkan perekononian pelakunya.

Baca Juga: Silaturahmi di Depan Ibu-ibu, Anies Baswedan Gemetar
Ini Persiapan Anies Baswedan Jelang Debat Pilgub DKI Kedua

"Saya berharap pengemudi angkutan umum di DKI ini bergaji apapun yang dilakukan masyarakat disini adalah soal gaji. Banyak juga orang-orang yang bercita-cita berprofesi menjadi pengemudi angkutan umum," jelas Daryono.

Atas hal itu Daryono mengharapkan peran serta pemerintah dalam pembinaan pengemudi angkutan umum di Jakarta.

"Seharusnya pemerintah bertanggung jawab juga soal pengkaderan pengemudi. Ketika masyarakat ingin memilih menjadi pengemudi minamal basic pengetahuan menjadi pengemudi di dapatkan," ujarnya. (Restu)

Terkait:Bandingkan Gaji PPSU dan Guru PAUD, Anies: Prioritas Enggak Pas
Cegah Kecurangan, Anies Minta Kerjasama Warga Awasi TPS
KPK Diminta Tuntaskan Kasus Suap Emirsyah, Jika Tidak...
Ini Alasan Raffi Ahmad dan Gigi Pilih Anies-Sandi di Pilkada DKI
Giring 'Nidji': Ahok Inspirasi Saya
FOTO: Cerita di Balik Abyab Binsari, Gua Jepang di Pulau Biak
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah
Ribuan 'Pahlawan' GoJek Menyatu di Sudirman

#Jakarta #sopir #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Bus TransJakarta #Kampanye Anies Baswedan

Komentar